Flexibility and efficiency in use – Garuda Indonesia Mobile

Accelerators – yang tidak terlihat oleh pengguna pemula – dapat mempercepat interaksi untuk pengguna ahli, sehingga sistem dapat melayani pengguna berpengalaman maupun belum berpengalaman. Memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tindakan yang sering.

 

Screenshot

                Screenshot_2016-06-20-02-13-20      Screenshot_2016-06-20-02-13-29

 

Masalah Usabilitas

Menampilkan seluruh asal & tujuan penumpang pada satu list.

Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan

            Saat pemilihan/pencarian asal dan tujuan keberangkatan, seluruh wilayah ditampilkan walaupun berbeda daerah bahkan berbeda negara dalam satu list sehingga sangat menyulitkan ketika pengguna mencari asal/tujuan keberangkatan ke suatu tempat. Tidak ada field pencarian.

Saran perbaikan yang dapat dilakukan

            Menyediakan field text untuk melakukan pencarian, menggunakan fitur recognition text, mengelompokkan asal/tujuan keberangkatan berdasarkan wilayah, negara, atau lainnya.

Skala Severitas

            3

Instagram : Powerful Apps with a Simple Design

Bismillahirrohmanirrohim,

Assalamu’alaikum wr. wb.

Hola Amigo!

Hmm sudah hampir dua tahun lamanya ya teman-teman. Untung gak ada sarang laba-labanya nih blog hehehe. Maklum orang sibuk, sibuk tidur, jadi gak sempet posting apapun deeh..

Oke tanpa perlu panjang kata, langsung saja kita masuk ke materi (buset! udah kaya kuliah aje).

instagram-logo1

Siapa sih yang gak kenal dengan gambar makhluk diatas? coba deh tunjuk tangan, gak ada kan? biasanya sih yang pernah makenya jarang, tapi untuk sekedar tahu sih menjadi keharusan, biar gak kudet-kudet amat, ya gak ya gak?!

Makhluk diatas bernama Instagram, sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital (buat yang doyan kasih efek2 ke fotonya), dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial termasuk Instagram sendiri. Salah satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid.

Alasan saya mengambil judul “Powerful Apps” terhadap Instagram adalah proses sistem nya yang sangat luar biasa. Pengguna aktif aplikasi ini berjumlah sekitar 400 juta pengguna setiap bulannya (sumber:http://expandedramblings.com/index.php/important-instagram-stats). Bayangkan saja, apabila satu akun mengakses/melakukan pencarian/meng-upload 10 foto saja, maka aplikasi ini akan me-load/generate 4 milyar foto tiap bulannya, atau sekitar 133 juta foto setiap harinya. Itu belum termasuk video pendek dan iklan sponsornya loh mbak mas om tante bapak ibu agan sista akang eneng babe enyak.

tumblr_nude4rkxxb1rc3kfuo1_1280-0

Belum lagi UI yang dimiliki makhluk ini. Desain antarmuka Instagram cukup sederhana namun sangatlah menarik, penggunaannya pun sangat praktis. Pengguna akan langsung memahami cara kerja aplikasi ini tanpa menggunakan tutorial. Menu bar yang familiar biasanya diletakkan di bagian atas, namun Instagram memposisikannya di bagian bawah. Walau demikian, pengguna tetap bisa memahami menu bar tersebut karena bentuk dan posisi yang dominan, serta icon yang mudah dipahami fungsinya.

Mungkin cukup sekian komentar saya terhadap makhluk ini. Kalo mau dikomentarin dan dibahas semua seluk beluknya, mungkin saya udah keburu wisuda karena saking banyaknya. Untuk temen-temen yang mau ikutan berkomentar dipersilahkan, jangan malu-malu, kan biasanya malu-maluin hehehe.

Terima kasih udah sempet berkunjung, Wassalam..

 

p.s. Ane gak terlalu jago masalah menulis ginian gan, jadi mohon maaf bila ada kata-kata yang salah, mohon kritik dan saran yang membangun ye ganss..

Ms. Excel, Perangkat Lunak Pengolah Angka

 

Pertemuan kelima

 

Bismillahirrohmanirrohim,

Assalamu’alaikum wr. wb.

Hola Amigo!

UTS tinggal 2 minggu lagi nih, udah gak sabaran buat ujian #plakk. Materi kali ini adalah penjelasan beserta tutorial tentang salah satu bagian terpenting pada Ms. Excel, yaitu menghitung data dengan menggunakan Formulas..

Cekidoott!!

Continue reading

Ms. Word, Perangkat Lunak Pengolah Kata

Pertemuan Keempat

Bismillahirrohmanirrohim,

Assalamu’alaikum wr. wb.

Hola Amigo!

Tak terasa udah empat minggu terlewati, dan empat kali pertemuan praktikum kami jalani di Mata Kuliah Penerapan Komputer. Pada kali ini ane bakalan berbagi ilmu tentang salah satu bagian yang sangat penting untuk pembuatan skripsi, makalah, atau karya ilmiah lainnya dengan menggunakan Ms. Word, bisa juga dikatakan cara praktis sih #plak …

Cekidoott!!

Continue reading